Rabu, 18 April 2012

Tersiksa Karena Gatal-gatal

Dokter, seluruh kulit badan saya dari kepala sampai kaki terasa gatal-gatal, tidak kenal panas atau dingin sebelumnya saya tidak pernah merasakan penyakit seperti itu. Apakah saya terkena alergi atau penyakit lain? Ketika saya minum obat Lameson 12 mg gatal-gatal itu hilang, tapi dalam waktu yang tidak terlalu lama muncul lagi. Apa yang harus saya lakukan dokter? Mohon saran dan petunjuk dokter, terimakasih.

Agung Yuniarto (Pria Menikah, 30 Tahun), agungyuniarto@yahoo.co.id
Tinggi Badan 165 cm dan Berat Badan 90 kg


Jawaban

Sayang sekali Bapak tidak menjelaskan lebih detail mengenai bentuk gatal yang dialami, apakah berupa bentol seperti terkena ulat bulu ataukah kulit kering merah bersisik.

Asumsi saya jika dapat membaik dengan minum kortikosteroid misalnya lameson, maka penyakit yang Bapak alami mungkin adalah eksim. Jenis eksim yang dapat mengenai hampir seluruh tubuh biasanya adalah jenis eksim atopik. Jenis eksim ini biasanya ditandai dengan tipe kulit yang kering dan adanya faktor keturunan.

Pada pasien dengan eksim atopik, biasanya dapat dijumpai kelainan lain yang termasuk penyakit atopik (berhubungan dengan keadaan hipersensitifitas bawaan) misalnya asma bronkial, rhinitis alergika maupun konjungtivitis alergika, baik pada pasien maupun keluarganya.

Pemicu munculnya eksim yang membandel pada pasien dengan bawaan atopik adalah perlakuan salah yang menyebabkan kulit bertambah kering, misalnya mandi air panas yang berlebihan, pemakaian sabun antiseptik tanpa kandungan moisturizer yang memadai. Hal lain yang dapat menjadi pemicu adalah tungau debu dan emotional stress. Faktor pemicu sebaiknya dapat dikontrol untuk mencegah/memperlambat kekambuhan.

Untuk keadaan kelainan yang cukup luas seperti yang dialami, biasanya diperlukan obat minum dan obat oles yang hanya dapat diperoleh dengan resep dokter. Sebaiknya Bapak meluangkan waktu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit terdekat.

Yang perlu diingat adalah konsumsi obat kortikosteroid seperti yang biasa Bapak konsumsi sebaiknya dengan persetujuan dan sesuai anjuran dokter. Penggunaan jangka panjang kortikosteroid yang tak terkontrol hanya akan mendatangkan efek samping yang tak diinginkan misalnya osteoporosis dan hipertensi.

dr. Susie Rendra, SpKK