Minggu, 22 April 2012

Aktifitas Menyehatkan di Hari Minggu

Setelah satu minggu mulai dari senin hingga sabtu penuh dengan kegiatan yang menguras tenaga dan pikiran hari minggu merupakan hari yang ditunggu-tunggu untuk sekedar melepas lelah dan merefresh otak kita sebelum memulai aktifitas di senin esok.

Namun sayangnya banyak orang tidak memanfaatkan hari minggunya dengan baik, dan membiarkanya lewat begitu saja karena sepanjang hari hanya mereka gunakan untuk tiduran atau berdiam diri dirumah. Terlalu banyak tidur juga bukan hal yang baik untuk tubuh kita, bukannya menjadi bugar justru malahan akan membuat tubuh kelelahan.

Lalu kegiatan apa sie yang sebaiknya kita kerjakan dihari minggu agar memberikan manfaat nyata bagi kesehatan tubuh kita ??? kali ini  dr. Wahyu Triasmara berusaha sedikit merangkum kegiatan positif yg dapat anda kerjakan.

1. Olahraga pagi, sudah bukan rahasia umum olahraga jika dilakukan secara rutin akan mengembalikan kebugaran tubuh kita karena dengan olahraga aliran darah tubuh kita menjadi lebih lancar pikiran menjadi lebih fresh.
2. Rekreasi, kegiatan wisata bersama keluarga merupakan hal yang sangat menyenangkan sebisa mungkin pilihlah tempat wisata yang edukatif bagi anak sepeti museum, kebun binatang, wisata alam, dll.
3. Berkebun, kegiatan ini sangat baik bahkan sudah dilakukan penelitian jika berkebun dapat mengurangi resiko stress, mengurangi migrain dan mencegah penyakit berat seperti jantung dan diabetes mellitus jika dilakukan dengan Fun.
4. Memancing, jika sesekali dilakukan dapat melatih kesabaran, ketenangan pikiran, melatih pernafasan jika dilakukan di alam yang udaranya masih segar.
5. Nonton film, untuk mengurangi stress juga kita bisa melihat film komedi berdaarkan banyak penelitian ketawa saat menonton film komedi dapat turut menekan stress, membakar kalori dan mengurangi resiko penyakit jantung.
6. Karaoke, banyak dampak positif yg kita dapatkan saat bernyanyi selain melatih otot pernafasan, meningkatkan volume oksigen ke yang mengalir keseluruh tubuh, meningkatkan kreativitas otak bernyanyi jg mereangang pengeluaran hormon bahagia.
7. Silaturahmi, mengunjungi kerabat atau saudara tak hanya mempererat persaudaraan tapi lbh dari itu memberikan manfaat yg luar biasa bagi kesehatan kita. Menurut penelitian seseorang yang memiliki hubungan sosial yang kuat dengan sesamanya cenderung lebih kecil terpapar penyakit, ketimbang mereka yang kesepian cenderung akan berakhir menjadi Galau dan limbung.
8. Bagi mereka yang tetap bekerja dihari minggu buatlah target waktu dan cepat selesaikan pekerjaan anda. Hal ini akan membuat anda lbh punya banyak waktu untuk santai dan refreshing setelahnya.

Itulah kegiatan-kegiatan yang dapat menjadi pilihan untuk kita kerjakan dihari minggu agar memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita sebelum kita memulai kembali aktivitas yang padat dihari-hari berikutnya. Semoga bermanfaat dan selamat berakhir pekan sobatku.


Penulis: dr. Wahyu Triasmara  
Mohon cantumkan link berikut ini jika anda ingin memuat tulisan dr. Wahyu Triasmara kedalam blog anda. Terima kasih...