Kamis, 26 April 2012

Haid Belum Datang Juga Sehabis Keguguran, Apa Sebabnya?

Dok, pada bulan Mei 2011 kandungan saya gugur dikehamilan 4 bulan dikarenakan ari-arinya sobek (sebabnya kurang jelas) terus dikiret. Setelah masa nifas pada awal Juni saya sudah dapet haid akan tetapi bulan Juli sampai sekarang belum haid lagi saya sudah konsultasikan ke dokter dan testpeck hasilnya negatif, kenapa yah dok? Dan apa yang harus saya lakukan (obat-obatan)? Sebab saya dan suami ingin cepat mempunyai anak. Terimakasih.

Ela (Perempuan Menikah, 30 tahun), nurlXXXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 150 cm dan Berat Badan 52 kg

Jawaban

Hampir semua wanita pernah mengalami gangguan menstruasi dalam hidupnya. Sebagian besar gangguan menstruasi diakibatkan oleh gangguan hormonal.

Untuk mencari penyebab gangguan menstruasi perlu dilakukan pemeriksaan USG terhadap rahim dan indung telur. Kadang-kadang perlu dilakukan pemeriksaan kadar hormon dalam darah. Pengobatan diberikan sesuai dengan penyebab gangguan menstruasi yang timbul.

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG