Sabtu, 21 April 2012

Fenomena kekerasan Oleh Genk Motor


Beberapa pekan terakhir ini sering melihat berita ditelevisi tentang adanya kekerasan yang dilakukan oleh Genk motor, perilaku kekerasan ini otomastis memberikan citra buruk bagi perkumpulan/club otomotif yang lain. Padahal banyak club otomotif yang jauh dari kegiatan negatif dan justru lbh menjurus ke arah yg positif seperti mengadakan Bakti sosial, kunjungan ke panti asuhan dan acara2 sosial kemasyarakatan yg lain.


Menurut pengamatan admin dr. Wahyu Triasmara terjadinya kekerasan yang dilakukan oleh beberapa oknum geng motor disebabkan oleh beberapa sebab antara lain:



1. Kurangnya perhatian orang tua tak jarang menyebabkan mereka menjadi pribadi yg keras karena kurangnya rasa kasih sayang dalam mendidiknya.

2. Pendidikan agama yg tidak ditanamkan dengan baik menyebabkan mereka tidak tahu bahkan barangkali tidak mengenal norma agama atau tahu tapi mengingkarinya.
3. Pergaulan yg salah jg sangat berpengaruh, ibarat kita berteman dengan penjual minyak wangi kita akan terciprat bau wewangiannya, begitu jg saat kita berteman dgn pandai besi ada kemungkinan kita akan terpercik api atau bau asapnya.
4. Pendidikan sekolah yg tidak dilaksanakan dengan baik, byk saya perhatikan anak2 sekolah sekarang bolos, nongkrong dijalanan sambil merokok, padahal orang tua mereka dirumah menyekolahkan mereka agar kelak menjadi orang sukses dan membanggakan orang tuanya.
5. Kemiskinan atau masalah ekonomi memaksa mereka untuk melakukan kekerasan agar dapat mencukupi kebutuhan mereka.
6. Pengaruh alkohol dan obat-obatan terlarang membuat seseorang kehilangan akal dan nalar sehingga melakukan tindakan kejahatan tanpa memikirkan dampak buruk bt dirinya sendiri dan masyarakat.
7. Ingin menunjukkan aktualisasi diri biar keberadaan mereka diakui. Semakin disorot dan terlihat kuat persaingan antar geng semakin memberikan rasa bangga buat mereka.
8. Perkembangan teknologi informasi yg begitu pesat, tayangan2 kekerasan di Televisi, sinetron2 yg tidak mendidik, pornografi jg sangat mempengaruhi psikologis seseorang utk cenderung meniru apa yg mereka tonton.
9. Kurangnya pengawasan dan tindakan tegas dari aparat penegak hukum juga memberikan kesempatan bagi berkembangnya geng2 motor brutal semacam ini.
10. Mudahnya orang mendapatkan sepeda motor saat ini dengan modal kredit ringan selain menyebabkan kepadatan dijalan raya jg berakibat banyaknya kumpulan2 geng motor yg ingin menunjukkan eksistensi mereka.

Kembali pada diri kita masing-masing bahwasanya kekerasan itu tidak akan memberikan keuntungan apa-apa. Kita punya keluarga yang mencintai dan menunggu kita dirumah dan berharap kita kembali dengan sehat dan selamat berkumpul bersama mereka. jadi janganlah sia-siakan hidup kita untuk hal yang tidak berguna semacam ini.

Penulis: dr. Wahyu Triasmara  
Mohon cantumkan link berikut ini jika anda ingin memuat tulisan dr. Wahyu Triasmara kedalam blog anda. Terima kasih...