Sabtu, 28 April 2012

Bagaimana Mengobati Mata Ikan?

Dok, saya mempunyai penyakit yang biasa disebut 'Mata Ikan' di kaki saya sebelah kiri. Apakah penyakit mata ikan ini bisa sembuh tanpa harus dioperasi? Kalau bisa bagaimana caranya dan apa obatnya?

Terimakasih.

Musthofa Ibnul M (Lelaki Lajang, 20 Tahun), musthofa_sipil@yahoo.co.id
Tinggi Badan 167 cm dan Berat Badan 60 kg

Jawaban
Mata ikan atau istilah medisnya Clavus merupakan suatu kelainan kulit yang ditandai dengan penebalan dan pengerasan kulit, biasanya dialami di telapak kaki.

Pada bagian tengah mata ikan, biasanya dapat dijumpai 'Keratotic olug' yaitu penebalan kulit yang membentuk semacam inti yang mengeras. Inti mengeras inilah yang menimbulkan rasa nyeri saat kita berpijak, terutama saat tidak menggunakan alas kaki (akibat langsung menyentuh lantai yang keras). Bila tidak diobati, pada beberapa orang, mata ikan ini dapat mengalami infeksi dan menjadi borok yang agak dalam.

Penyebab mata ikan adalah tekanan dan gesekan berlebihan yang terus menerus. Mata ikan ini lebih sering ditemukan pada orang yang sering menggunakan sepatu yang tertutup. Risiko juga lebih tinggi pada orang yang menggunakan alas kaki yang sempit dan pasien gemuk, karena tekanan pada kaki menjadi lebih besar.

Untuk pengobatan mata ikan, biasanya faktor risiko harus diatasi terlebih dahulu, misalnya jangan menggunakan sepatu yang sempit. Saat berobat ke dokter kulit, sebelum dilakukan tindakan laser, bedah listrik, ataupun pembedahan, biasanya diawali dengan penggunaan salap yang mengandung asam salisilat dengan persentase yang cukup tinggi. Jika tidak berhasil, dapat dipilih terapi cara lain. Jadi pengobatan tidak selalu dimulai dengan pembedahan.

dr. Susie Rendra, SpKK