Sabtu, 14 April 2012

Kenapa Kepala Sering Keliyengan?

Dok, saya sering mengalami pusing parah (keliyengan) dalam waktu 5-30 menit. Saya merasakan objek yang saya lihat terasa berputar kencang, setelah itu saya merasa mual dan keringat dingin. Penyakit apa yang saya alami dok? Sebelumnya saya pernah jatuh dari metromini dan kepala saya terbentur dengan aspal jalanan tepatnya kepala bagian belakang saya, apakah hal ini mempengaruhi pusing yang saya rasakan? Terimakasih dok.

Charles (Pria Lajang, 23 Tahun), charlesXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 170 Cm dan Berat Badan 105 Kg

Jawaban

Dari petunjuk kunci 'pusing parah, terasa berputar kencang, merasa mual dan keringat dingin' maka besar kemungkinan Anda terkena vertigo dan tension headache. Saran kami, segeralah ke dokter keluarga terdekat untuk meminta rujukan dilakukan auditory brainstem response (ABR). Hal ini untuk membedakan tipe vertigo yang Anda deita itu vertigo sentral atau vertigo perifer.

Namun secara medis, inilah cara dokter mengenali dan membedakan vertigo perifer dan vertigo sentral:

1. Vertigo perifer beronset akut, sedangkan vertigo sentral beronset kronis atau perlahan (gradual). Dengan kata lain, durasi gejala pada vertigo perifer terjadi dalam hitungan menit, harian, mingguan, namun berulang (recurrent).

2. Penyebab umum vertigo perifer adalah infeksi (labyrinthitis), Ménière's, neuronitis, iskemia, trauma, toksin. Penyebab umum vertigo sentral adalah vaskuler, demyelinating, neoplasma.

3. Intensitas vertigo perifer sedang hingga berat, sedangkan vertigo sentral ringan hingga sedang.

4. Mual (nausea) dan muntah (vomiting) umumnya terjadi pada vertigo perifer dan jarang terjadi pada vertigo sentral.

5. Vertigo perifer umumnya berhubungan dengan posisi (positionally related), sedangkan vertigo sentral jarang berhubungan dengan posisi.

6. Kehilangan pendengaran (hearing loss) hingga ketulian (deafness) umumnya terjadi pada vertigo perifer dan jarang terjadi pada vertigo sentral.

7. Tinnitus (telinga berdenging) seringkali menyertai vertigo perifer. Pada vertigo sentral, biasanya tidak disertai tinnitus.

8. Pada vertigo perifer tidak ada defisit neurologis. Defisit neurologis (neurologic deficits) umumnya terjadi pada vertigo sentral.

9. Sifat nystagmus pada vertigo perifer adalah fatigable, berputar (rotary) atau horisontal, dan dihambat oleh fiksasi okuler, sedangkan sifat nystagmus pada vertigo sentral adalah nonfatigable, banyak arah (multidirectional), tidak dihambat oleh fiksasi okuler.

Bila Anda belum memahami istilah di atas, dapat dikonsultasikan kepada dokter terdekat.

Kemudian dari informasi 'pernah jatuh dari metromini, kepala belakang terbentur aspal jalanan' maka ini menunjukkan adanya riwayat trauma kepala. Saran kami adalah segera melakukan pemeriksaan CT Scan di RS terdekat. Hal ini sangat mungkin memengaruhi pusing yang Anda rasakan.

dr. Dito Anurogo