Kamis, 20 November 2008

Straddle injury = cedera daerah selangkangan

Hari ini di IGD ada konsul dari GP, pasiennya anak perempuan usia 10 tahunan, mengalami perdarahan akibat terjatuh dari sepeda. Hasil pemeriksaan didapatkan hymen utuh, tetapi ada luka lebih kurang 1 cm vertikal tepat dibawah clit nya. Masih aktif berdarah serta ada timbunan darah (heamatoma). Injuri atau trauma didaearah selangkangan ini disebut strradle injury. Karena pasiennya msih kecil dan sangat tidak kooperatif, maka penjahitan dilakukan dalam general anestesia (bius umum).

Straddle injuries terjadi jika seseorang (bisa anak bisa dewasa) menunggang (straddle) sesuatu lalu terjatuh, menecederai daerah uro-genitalia oleh bobot tubuhnya sendiri. Luka atau cedera disebabkan oleh jaringan terjepiy antara tulang daearah pinggul (pelvis) dengan bobot tubuh. Straddle injury sering ditemukan pada anak2 dan sering terjadi saat bersepeda, jatuh atau bermain dengan palang monyet (monkey bar).

Pada anak kecil harus hati2, jika nggak diketahui pasti kejadinnya, maka harus dibedakan dengan injury akibat sex abbuse. Dengan anamnesa yang teliti. Gambar samping merupakan contoh straddle injury yang menyebabkan terjadinya hematom (penumpukan darah) pada bagain kiri bibir V. Untuk kasus seperti ini dilakukan insisi (dibeler) lalau darahnya dikeluarkan, sumber darahnya dihentikan, kemudian ditutup lagi dengan jahitan atau diberi saluran keluar jika darahnya masih ngalir dari pembuluh darah yg kecil2.