Rabu, 12 November 2008

Mengganti Favicon

Buat yang belum tahu (habis aku yakin banyak yang sudah tahu), favicon adalah icon yang ada dipangkal URL. Pada blogger iconnya ini: Blogger Big Icon Pictures, Images and Photos, sedangkan blogku ini sudah beberapa kali gonta-gonta favicon, yang sekarang dipakai ini: pocoyo Pictures, Images and Photos

Favicon ini sangat mudah kok menggantinya sesuai dengan maunya kita, bisa pasang tampang sendiri, logo huruf atau karakter lain yang kita suka. Dari browsing aku dapatkan untuk mengganti favicon pada umumnya dilakukan pembuatan ikonnya dulu (ukuran kecil) dalam format PNG atau ICO kemudain baru menguploadnya. Disini salah satu tempat pembuatann faviconnnya.

Sebetulnya nggak perlu. Kamu tinggal upload saja gambar yang ingin dijadikan favicon ke iamge hosting yang tersedia free seperti photobucket Pictures, Images and Photos dan lain-lain.

Langkah berikutnya seperti biasa: login ke dashboard - layout - edit Html cari tag: </head> (biar gampang pencet Ctrl F, lalu isi box pencarian dengan tag yang dicari) lalu kopas tag dibawah ini tepat dibawahnya

<link href='URL GAMBAR' rel='SHORTCUT ICON'/>

Kemudian ganti URL GAMBAR dengan direct link gambar yang telah di upload ke photobucket Pictures, Images and Photos tadi, save template selesai. Hwalah.... favicon Blogger Big Icon Pictures, Images and Photos sudah berganti dengan favicon yang kita inginkan. Jika belum tampak juga, maka klik icon yang terlihat, tahan mouse lalu drag keluar icon dari tempatnya lalu lepaskan kembali mouse. Lakukan 2 atau 3 kali (biasanya nggak perlu prosedur ini).

Untuk pengguna browser IE kadang-kadang nggak manjur (makanya jangan makai IE lollollol), sedangkan browser lain kayaknya oke (terutama FF 3 paling oke).