Minggu, 30 November 2008

Belajar baca EKG

Awal yang baik, pikirku. Selama 4 hari ini aku mengikuti Pelatihan EKG di Departemen Ilmu Penyakit Dalam Divisi Cardiologi, mulai pelatihan ekg dasar sampe lanjutan. Ini pertama kalinya aku bisa baca ekg dengan cara yang seharusnya dan benar. Memang sih dulu saat koas pernah diajarin residen gimana caranya. Tapi, asal lewat aja, aku ga terlalu ngerti, paling taunya ini ekg ada T-inverted dll tapi ga tau apa interpretasinya.

Acaranya interaktif dan benar-benar punya konsep step by step. Jadinya para peserta ga terlalu stress buat cepet ngerti. Paling yang mengganggu itu ACnya yang super dingin...Klo kata orang malaysia itu 'sejuk'.. :) Mana aku itu, paling ga tahan AC dingin! Tulang kayak mo remuk, mana kena infeksi sekunder. Bener seperti biasa, lansung aja tonsilitis kronis aku jadi tonlisitis kronis eksaserbasi akut. Hiks.. Dasar Nida payah :P

Dalam ECG Training ini Kami mengawalinya dgn konsep ekg normal. Setelah paham, kami diajarkan ekg yg abnormal tentunya. Sungguh terarah... Tiap hari selalu ada prakteknya mulai praktek memasang ekg (jadi inget koas ni...dlm sehari bisa berkali-kali masangnya) ampe membaca hasilnya. Nah, buat di kelas lanjutan (intermediate) ada pretest dan post testnya. Oya, soal tutornya tentu para dosen-dosen kita di PDL mulai Prof. Ali Ghanie, SpPD-KKV, dr. Taufik, SpPD-KKV, dr. Syamsu, SpPD, dr. Ferry, SpPD, dan dr. Erwin, SpPD (smuanya dari div. Cardiologi)

Sebernarnya aku ga pede buat ikut yang intermediate. Peserta lainnya itu rata-rata jauh lebih tua dan jauh lebih banyak pengalamannya. Mereka ada yang angkatan 1990, 1992, 1993, 1994. Wah, semua udah pada praktek bertahun-tahun dan sebagian besar calon residen PDL Bandingin dengan Nida, baru aja wisuda oktober lalu. Barusan minggu kemaren ikut UKDI. Jauh banget... Paling muda, paling ga punya pengalaman...

Apa yang didapet slm platihan? Aku jadi tahu gmn cr baca ekg. Kayak gini
- Cek Identitas pasien dulu
- Cek EKGnya layak apa ga. Leadnya terbalik dipasng ga? Liat P-wave itu selalu positif di II, dan negatif di aVR
- Kemudian mulai baca EKG. Yang harus di baca itu:
1. Irama
2. Heart Rate
3. Aksis
4. Secara berurutan liat gelombangnya. Mulai P-wave, PR interval, Q-wave, QRS interval, R-wave, S-wave, T-wave, U-wave. Liat ukuran, bentuk, hubungan, normalkah, bahayakah.
5. Interpretasikan EKG sekaligus pikirkan kemungkinan patologinya dimana, caranya inget gmbrn ekgnya dan patofisiologi jantung.
6. Inget EKG itu penunjang so liat juga gejala klinis dan jika perlu lakukan pemeriksaan penunjang lain.

Buat sejawat yang mau ikut Pelatihan EKG. PDL itu biasanya mengadakan pelatihan setiap bulan november tiap tahunnya. Biaya EKG dasar itu Rp 300rb dan Intermediate Rp600rb. Jadi, artinya baru november 2009 akan diadakan lagi. Lengkapnya tanya langsung M'mei aja (Asisten Prof. Ali). Tapi tanggal 19-21 Feb 2009, Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular juga akan mengadakan Pelatihan EKG, biaya Rp 1jt. Jadi, terserah sejawat mo ikutan yang mana, kan nambah ilmu bisa dimana aja. OK!

Ada ebook bagus buat belajar EKG n animasi EKG yg oke buat belajar secara live. Linknya ntar aku kasih di bagian komentar ya :)