Sabtu, 08 November 2008

Cara minum Pil KB 21 Tablet

Pil KB (selanjutnya disebut Pil saja) ada yang berjumlah 21 tablet dan ada yang 28 tablet. Apa sih bedanya? Ternyata 7 buah pil yang beda ukuran dan warna pada pil 28 tablet isinya adalah hanya tepung doang (plasebo). Pada saat memakan pil putih inilah haid dieperkirakan akan muncul/terjadi. Tujuannya suapaya nggak repot dan nggak lupa, tinggal menyambung dengan pil berikutnya tanpa perlu berpikir dan mengingat.
fitjit 1
Sedangkan pil 21 tablet, setelah pil terakhir dimakan, ada interval 7 hari tidak makan pil sebelum memulai keping pil berikutnya. Apakah nanti nggak hamil ? Ya nggak kecuali tidak mengikuti petunjuk pemakaian pil yang normal. Saat interval inilah diperkirakan haid akan muncul, yang biasanya timbul 2-3 hari setelah pil habis alias masa tidak subur. Tapi kalau hamil juga? Artinya terjadi kegagalan KB, bukan karena 7 hari tidak makan pil plasebo seperti pil 28.

Pil yasmin ada versi 21 dan 28 tablet. Kalau yang beredar di Indonesia adalah yang 21 tablet. Jika ada yang 28 tablet jauh lebih mudah memakannya (seperti contoh gambar yasmin yang beredar di Canada).

Kapan mulai minum (start pertama kali) ? Biasanya dimulai di hari ke 1 atau ke 5 haid.