Jumat, 07 November 2008

Konsultasi : kista nyeri

Dear Dr. Didi,
Saya berusia 27 th, dan belum menikah...
Hampir 2th terakhir ini saya mengalami nyeri haid yang sangat hebat. 2 bln yang lalu, saya periksa & hasil USG menunjukkan ada kista pada ovarium kanan sebesar 3.9 cm. Dokter menyarankan agar saya menunggu sampai 3 bln terlebih dahulu untuk melihat perkembangannya atau operasi apabila saya memang merasa kesakitan.

Tetapi akhir2 ini, saya selalu merasa kesakitan di perut bagian kanan & sakitnya menjalar sampai kaki & tumit (hanya dibagian kanan). Dokter Didi, apakah saya harus menunggu 3 bln terlebih dahulu / harus operasi?

Mohon penjelasannya dok. Terima kasih
--------------------------------------

Kata dr Didi SpOG
Alasan operasinya apa? Ada 3 alasan kenapa harus di opeasi (1). Kista ukuran besar (*minmal 7 cm) (2). Kista terpuntir (nyeri hebat nggak tertahankan), kista ana yang 4 cm itu rasaya nggak akan terpuntir. dan (3). Kista pecah and nyerinya pun ruarr biasa nggak tertahankan. No 1 operasinya direncanakan (elektif) sedangkan no 2 dan 3 operasi segera (emergensi) nggak pake nunggu lagi.

Status yang masih belum menikah juga harus jadi perhatian dengan kista yang hanya 4 cm tersebut. Karena tindakn mengangkat kista (kistektomi) dikhawtirkan akan merusak indung telurnya yang tentu saja akan mengurangi kemampuan bertelur seorang wanita. Masih ada jalan non-operasi yaitu dengan menggunakan obat-obatan seperti tapros dll.

Kalau aku nganjurin cepat nikah saja dan usahakan segera punya baby (serius), sehingga jika akan dioperasi kistanya nggak terlalu khawatir akan menggangu kesuburan karena minimal kan sdh ada anak. Jadi untuk apa menunggu 3 bulan lagi...ayu buruan...married.
lollollol