Kamis, 30 Agustus 2012

Selalu Migrain Jelang Haid

Dok saya sering migrain, hampir setiap bulan apalagi kalau mau menjelang haid pasti migrain saya kambuh, kalau kambuh dan nyerinya lama saya kadang minum obat migrain. Yang saya tanyakan bagaimana cara mencegah agar migrain saya tidak kambuh? Dan apa perlu saya check up otak?

Dum Sumarni (Perempuan Menikah, 41 Tahun), dumsuXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 152 Cm, Berat Badan 64 Kg

Jawaban

Migren adalah nyeri kepala sebelah, berdenyut dan datang dalam bentuk serangan. Timbulnya migren menjelang haid disebabkan oleh perubahan kadar hormon estrogen. Secara umum penatalaksanaan migren terbagi menjadi dua, yaitu dengan menggunakan obat (medikamentosa) dan tanpa obat.

Terdapat beberapa jenis obat yang bisa diberikan untuk mencegah timbulnya migren, disebut sebagai profilaksis migren. Untuk profilaksis migren yang tepat, saya anjurkan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf.

Pencegahan migren tanpa obat misalnya dengan tidak mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung tyramine (keju tua, minuman anggur, beberapa jenis daging), alkohol, zat aditif makanan yang mengandung nitrat dan makanan beku.

Selain itu beberapa faktor pencetus migren juga harus dihindari, misalnya kelelahan fisik, stress, kurang tidur, cahaya yang terlalu terang dan suara yang terlalu keras.

Dr. Michael Setyawan SpS