Kamis, 02 Agustus 2012

Kenapa Sering Sakit Kepala Hebat?

Dok, saya sering sakit kepala yang membuat mata saya kabur, mual, rambut rontok dan pingsan. Saya mengalami sakit ini sejak SMP sekitar umur 13 tahun. Saya pernah periksa dan kata Dokter yang memeriksa, saya terkena sakit saraf di kepala.

Lalu saya diberi pantangan makan yang mengandung tanin, seperti teh, kopi dan cokelat. Memang kalau saya memakan salah satunya kepala saya sakit yang sangat hebat dan pingsan. Saya juga cepat capai. Pertanyaannya, saya sebenarnya sakit apa Dok? Mohon penjelasannya, terimakasih.

Tya (Perempuan Lajang, 20 Tahun), thya.moet@yahoo.com
Tinggi Badan 161 Cm dan Berat Badan 61 Kg

Jawaban

Nyeri kepala sebelah yang berupa serangan, didahului oleh gangguan visual, disertai mual dan muntah disebut sebagai nyeri kepala migrain. Nyeri kepala dapat dicetuskan oleh beberapa faktor. Beberapa makanan tertentu dapat mencetuskan timbulnya nyeri kepala.

Sejumlah individu dapat mengalami nyeri kepala migrain setelah mengonsumsi makanan yang mengandung tanin. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi tanin dapat mempengaruhi kadar neurotransmitter serotonin dalam tubuh. Tingginya kadar serotonin dapat mencetuskan timbulnya nyeri kepala.

Selain makanan, terdapat beberapa faktor pencetus migrain yang harus dihindari, misalnya kelelahan fisik, stres, kurang tidur, cahaya yang terlalu terang dan suara yang terlalu keras.

Dr. Michael Setyawan SpS