Kamis, 02 Agustus 2012

Adakah Kaitan Sakit Sinusitas dan Asma?

Saya sudah hampir 8 tahun mengidap penyakit sinus, setelah itu tiba-tiba mata saya yang sebelah kiri sering sakit. Sebelumnya saya punya asma, tetapi sekarang sudah tidak pernah kambuh lagi. Sekarang mata saya masih sering sakit, sudah ke dokter mata tapi tidak ada pengaruhnya. Anehnya kalau saya minum obat asma (merek soho tiga macam yaitu coklat, kuning, biru yang saya beli di apotek) mata saya bisa sembuh.

Jadi saya sekarang ketergantungan obat asma tersebut, karena kalau tidak minum obat tersebut mata saya sakit. Apakah sakit mata saya dikarenakan sinus? Atas jawabanya saya ucapkan terimakasih.

Andy (Lajang-25 Tahun), Andy_ariesta@yahoo.com


Jawaban


Terdapat kemungkinan sakitnya mata sebelah kiri dikarenakan sinus yang diderita. Sangat disayangkan penjelasan keadaan mata saat sakit kambuh tidak dideskripsikan. Jika sakit pada sekitar mata disertai atau tidak dengan mata berair dan keluhan pada hidung seperti hidung berair dan tersumbat lebih dari satu minggu, kuat dugaan sinusitis sedang kambuh. Pada keadaan sinusitis atau radang hidung, saluran pembuangan kelenjar air mata yang berada dalam rongga hidung akan tersumbat sehingga air mata akan berlebih dan menyebabkan radang mata.

Hal yang perlu diwaspadai adalah ketika infeksi rongga sinus menjalar ke mata atau sekitar mata, yang jika tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan komplikasi serius berupa kebutaan. Sebaiknya sinus diperiksa lebih teliti dengan endoskopi hidung dan dilakukan pemeriksaan radiologi/CT-SCAN rongga sinus jika perlu.

Pasien yang memiliki riwayat asma memang seringkali menderita sinusitis. Obat-obat asma biasanya terdiri dari obat anti peradangan dan anti alergi sehingga dapat pula memperbaiki keluhan pada hidung dan sekitar hidung.

Dr. Agus Subagio, Sp THT