Minggu, 05 Agustus 2012

Badan Sering Memar Karena Tidur Sambil Jalan, Apa Solusinya?

Dok, sudah lama saya mengalami sleepwalking tapi belakangan ini kok makin aneh ya. Terkadang saya meloncat dari tempat tidur dan paginya pasti ada bagian tubuh yang memar atau saya mengangkat barang yang ada di kamar seperti cermin (ukuran cukup besar dan tidak digantung) atau saya melempar lukisan. Hal yang paling aneh saya bahkan bisa melakukan hubungan badan dengan pasang saya dan setengah perjalanan baru saya sadar.

Kalau bicara sendiri sudah tidak aneh (bicara dalam 3 bahasa yang saya kuasai sehingga pasangan saya terkadang jadi bingung sendiri) dan kalau paginya ditanya saya tidak ingat apa-apa. Saya sudah konsultasi ke dokter spesialis tapi belum ada hasil (saya tinggal di luar negeri). Sekarang saya jadi was-was, takut melukai diri sendiri ataupun pasangan saya. Mudah-mudahan ada jalan keluarnya karena saya sendiri sudah capek. Terimakasih.

Andy G (Laki-laki Menikah, 39 Tahun), andy.XXXX@gmail.com,
Tinggi Badan 175 Cm, Berat Badan 72 Kg

Jawaban

Dear pak Andi,

Sleepwalking memang membuat orang jadi kuatir karena bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain, oleh sebab itu penderita biasanya menjadi segan kalau mesti bepergian atau menginap di tempat orang lain. Apa yang dilakukan pada saat sleepwalking biasanya adalah hal-hal rutin yang dikerjakan.

Penanganannya tidak ada yang spesifik, kita biasanya memikirkan segi keamanan, misalnya supaya tidak keluar kamar atau keluar rumah pada saat tidur, maka kita mengunci pintu kamar, kemudian kuncinya kita taruh di tempat yang tidak mudah untuk diambil.

Untuk mencegah supaya tidak turun dari tempat tidur, kita bisa menaruh kain lap basah di lantai, dengan harapan pada saat turun dari tempat tidur, orangnya akan terbangun karena menginjak kain lap yang basah dan dingin.

Dr. Elly Ingkiriwang, SpKJ