Sabtu, 11 Agustus 2012

Punggung & Tumit Terasa Nyeri, Padahal Sudah Tak Pakai High Heels

Dok, saya terbiasa memakai high heels dan akhir-akhir ini saya menghilangkan kebiasaan itu tapi kenapa punggung dan tumit saya rasanya jadi tidak nyaman dan malah jadi sering pegal?

Saya juga terkadang mengalami nyeri seperti kram di ujung tulang paha pas di bagian pantat. Kalau pas kambuh rasanya seperti diremas keras dan luar biasa nyeri. Tetapi itu terjadi beberapa menit saja kemudian hilang dengan sendirinya.

Apa yang sebenarnya terjadi ya dok, ada kaitannya dengan saraf tidak dan dalam hal ini apakah perlu penanganan lebih lanjut? Terimakasih.

Pyhta (Perempuan Lajang, 29 tahun), detaXXX@yahoo.co.id,
Tinggi Badan 155 Cm, Berat Badan 52 Kg

Jawaban

Nyeri pada punggung yang menjalar sampai ke kaki kemungkinan dapat disebabkan oleh gangguan saraf. Nyeri akan menjalar sesuai dengan daerah persarafan yang bersangkutan, kadang-kadang disertai rasa pegal pada otot-otot tungkai. Bila disebabkan oleh gangguan saraf sering disertai rasa baal, kesemutan pada sebagian daerah tungkai.

Untuk menentukan apakah nyeri yang Anda rasakan berhubungan dengan gangguan saraf atau tidak, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter saraf, dan bila perlu akan dilakukan pemeriksaan penunjang, misalnya dengan foto rontgen atau dengan magnetic resonance imaging (MRI).

Dr. Michael Setyawan SpS