Sabtu, 18 Agustus 2012

Kaki Nyeri Seperti Ditusuk-tusuk Jarum

Dokter, saya merasakan nyeri seperti ditusuk-tusuk jarum di telapak kaki saya, dan saya juga sering kesemutan. Apakah ini pengaruh kemarin saya habis mendaki gunung Dok? Karena betis saya ikutan sakit, habis diurut karena sepulang mendaki ngilu semua kaki saya. Mohon jawabannya Dok, terimakasih sebelumnya.

Reyna Agusta
(Perempuan Menikah, 27 Tahun), ajeng010783@yahoo.com
Tinggi Badan 159 Cm dan Berat Badan 65 Kg


Jawaban
Rasa nyeri pada telapak kaki bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi, misalnya akibat peradangan sendi atau jaringan lunak, gangguan aliran darah, atau bisa juga disebabkan oleh gangguan saraf. Penyebab tersering nyeri kaki adalah gangguan saraf atau gangguan sendi kaki.

Saya sarankan Anda berkonsultasi ke dokter, untuk dilakukan pemeriksaan, bila perlu dengan menggunakan foto Rontgen atau MRI untuk mencari penyebab nyeri. Penatalaksanaan nyeri kaki tergantung dari penyebabnya, dapat menggunakan obat anti radang (golongan steroid ataupun non steroid) dan pada beberapa kasus dianjurkan memakai sepatu khusus.

Dr. Michael Setyawan SpS