Rabu, 15 Agustus 2012

Berdahak Selama 2 Tahun Itu Sakit Apa?

Dok, hampir dua tahun saya merasakan suatu ganjalan di tenggorokan saya yaitu adanya lendir atau dahak. Setiap hari saya selalu mengeluarkan dahak di mulut saya dan itu sangat sering sekali. Air ludah menjadi pekat dan kadang diwaktu tertentu dahak yang saya keluarkan berwarna kuning dan mengandung sedikit darah. Penyakit apakah ini? Bagaimana solusinya? Terimakasih.

Muhammad Rizqi
(Pria Lajang, 18 Tahun), mister.mostafa@gmail.com
Tinggi Badan 165 Cm dan Berat Badan 40 Kg


Jawaban
Dahak di tenggorok yang terus menerus dan berlangsung selama 2 tahun disertai rasa mengganjal menandakan adanya masalah atau penyakit. Daerah tenggorok sangat rentan dengan iritasi. Rongga hidung atau sinus yang meradang akan mengeluarkan lender atau ingus yang dapat mengalir ke belakang hidung dan tenggorok dan mengiritasi dinding belakang tenggorok (faring).

Makanan atau minuman yang merangsang (pedas, asam atau terlalu dingin atau panas) akan membuat tenggorok mudah meradang. Jangan pula dilupakan, masalah-masalah lambung pun dapat membuat faring dan laring mudah bengkak karena pada keadaan tertentu dapat terjadi aliran balik asam lambung ke tenggorok yang dapat membuat tenggorok dan daerah sekitarnya menjadi meradang.

Dahak yang pekat dan berwarna kuning atau hijau biasanya menunjukkan adanya infeksi pada saluran nafas anda.

Dengan pemeriksaan pada daerah hidung, tenggorok dan sekitarnya termasuk paru-paru secara teliti baik dengan pemeriksaan fisik biasa atau dengan pemeriksaan penunjang seperti endoskopi hidung maupun radiologi (rotgen dan CT Scan) maka dapat diketahui penyebab yang pasti keluhan tersebut. Ketepatan diagnosis tentunya akan menentukan ketepatan pengobatan.

Dr. Agus Subagio, Sp THT