Selasa, 28 Agustus 2012

Apa Terapi yang Cocok untuk Pasien Bell's Palsy?

Dok, saya terkena penyakit bell's palsy sudah 3 harian. Sudah ke dokter saraf, dan dikasih obat, terus disuntik injeksi block. Ada perubahan, sedikit mengalami perubahan di lidah, sudah bisa merasakan rasa. Minggu depan mau terapi sinar dan terapi sengat listrik, tapi ada yang bilang bahwa itu percuma buang uang dan tenaga. Tapi ada yang bilang berguna tetapi lama.

Pertanyaannya adakah obat atau terapi yang bisa dilakukan sendri? Atau pengobatan alternatif yang bisa singkat mengobati penyakit ini? Karena saya masih malu untuk keluar rumah, karena mulut saya masih miring apabila bicara. Dan air liur yang masih berlebihan. Mohonbantuannya. Terimakasih

Lili (Lelaki Menikah, 33 Tahun), rianrafliriza@yahoo.com
Tinggi badan 167 cm dan Berat badan 58 kg


Jawaban

Bell's Palsy adalah kelumpuhan saraf wajah satu sisi yang mendadak dan penyebabnya tidak diketahui. Kelumpuhan wajah pada Bell's Palsy disebabkan proses peradangan saraf wajah saat berjalan di dalam tulang tengkorak. Kurang lebih 2 dari 3 penderita Bell's Palsy dapat sembuh sempurna dalam beberapa minggu sampai 6 bulan.

Pengobatan dilakukan dengan obat anti inflamasi dan vitamin B 12. Selain dengan obat, mata pada sisi wajah yang lumpuh harus diberikan perlindungan dari paparan yang berlebih karena kelopak mata tidak dapat menutup dengan sempurna. Biasanya dianjurkan pemberian air mata buatan untuk menjaga mata tetap lembab dan dianjurkan menggunakan kaca mata jika keluar rumah.

Pada hari-hari pertama penderita Bell's Palsy dianjurkan tidak terlalu agresif melakukan terapi fisik untuk memberi kesempatan saraf memperbaiki diri.

Beberapa cara terapi fisik misalnya dengan kompres hangat, pijat wajah dan latihan menggerakkan otot wajah di depan cermin. Saya anjurkan Anda tetap berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk pengobatan selanjutnya. Untuk terapi fisik dan latihan otot wajah di rumah, saya anjurkan Anda berkonsultasi dengan dokter ahli rehabilitasi medik.

Dr. Michael Setyawan SpS