Selasa, 14 Agustus 2012

Kenapa Sudah Berhenti KB Masih Tidak Dapat Haid?

Dok, istri saya melakukan KB suntik selama kurang lebih 3 tahun, dan saat ini sudah hampir 4 bulan tidak KB lagi. Yang ingin saya tanyakan, selama istri saya ikut KB suntik, dia tidak pernah mendapat haid dan sampai sekarang (setelah lepas KB) juga belum mendapat haid. Apakah ini berbahaya dok? Bagaimana cara penyembuhannya? Terimakasih.

Toto Bawono (Lelaki Menikah, 33 Tahun), toto_bawono@myappmail.com
Tinggi Badan 175 cm dan Berat Badan 75 kg


Jawaban

Gangguan tidak haid (Amenore) selama menggunakan KB Hormon (suntik, pil, susuk) adalah wajar karena itu pengaruh dari KB Hormonal tersebut. Obat KB ini berfungsi menekan hormon reproduksi wanita, yaitu estrogen dan progesteron.

Walaupun suntikan hormonal dihentikan terkadang tidak langsung berdampak (langsung bisa haid) karena akumulasi obat tadi yang tersimpan dalam lemak tubuh yang butuh waktu untuk terurai.

Walaupun telah berhenti ber-KB hormon biasanya butuh waktu tubuh untuk menguraikan obat yang terakumulasi dan biasanya membutuhkan 6 bulan lebih.

Haid dapat timbul dengan sendirinya atau dirangsang dengan pemberian obat jangka pendek selama 2 minggu dan ditunggu datangnya haid. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan.

dr.Dhely Lesthama.SpOG