Rabu, 15 Agustus 2012

Selalu Lecet-lecet Usai Senggama

Saya perempuan 23 tahun yang baru saja menikah. Setelah beberapa kali berhubungan dengan pasangan, area nona V saya kerapkali lecet dan akhir-akhir ini timbul satu benjolan kecil seperti jerawat tapi tidak gatal dan tidak sakit. Padahal saya dan pasangan selalu cukup melakukan foreplay, dan saya termasuk rajin menjaga kebersihan di area V.

Apakah saya terkena HPV dok? Pada waktu PMS saya sering keputihan dan berbau tetapi tidak menyengat dan pada 2006 saya pernah operasi kista endometriosis. Mohon penjelasannya karena saya belum berani konsul langsung ke dokter.

Oryza, duniabumblebee@yahoo.com


Jawaban

Infeksi HPV tidak ditandai dengan lecet setelah berhubungan, maupun timbulnya benjolan kecil seperti jerawat. Lecet bisa diakibatkan rambut yang terdorong masuk dan tergesek atau bisa juga diakibatkan oleh hubungan seksual yang terlalu lama. Kalau timbu benjolan seperti jerawat itu bukan suatu hal yang perlu dirisaukan.

Dr. Samuel L Simon SpKK