Sabtu, 11 Agustus 2012

Pilek Menahun yang Menyusahkan

Dok, saya sudah lama menderita penyakit pilek menahun kurang lebih sudah tiga kali saya rontgen. Menurut dokter berdasarkan hasil diagnosa saya menderita penyakit sinus paranasal. Kata dokter yang memeriksa penyakit saya adalah alergi yang sulit disembuhkan kalau saya masih tetap tinggal yang berpolusi tinggi seperti di Jakarta ini. Apakah penyakit saya dapat disembuhkan? Apa yang harus saya lakukan? Terimakasih

Samsudin, (Pria Lajang, 28 Tahun), rabbittea@yahoo.com


Jawaban


Penyakit alergi memang dapat muncul sebagai pilek menahun. Bila seseorang menderita pilek alergi maka setiap ada pencetus (yang seringkali adalah kutu debu), rongga hidung akan beraksi berlebihan seperti timbulnya gejala hidung berair, bersin-bersin dan hidung tersumbat. Bila hal ini terjadi berulang kali, maka akan timbul komplikasi lain, salah satunya adalah peradangan pada rongga sinus (sinusitis).

Walaupun sampai saat ini penyakit pilek alergi boleh dikatakan tidak dapat sembuh total namun dengan cara menghindari faktor-faktor pencetus dan penggunaan obat-obatan yang diminum maupun yang disemprotkan ke dalam rongga hidung secara benar dan teratur akan mencegah kekambuhan. Sebaiknya menjalani uji cukit kulit/skin prick testing untuk memastikan zat apa saja pencetus pilek alergi Bapak.

Dr. Agus Subagio, Sp THT