Minggu, 08 Maret 2009

Scaling, Kuret, Root Planning : Pembersihan Karang Gigi


Scaling, kuretase, root planning, merupakan cara atau teknik yang akan dilakukan oleh dokter gigi untuk mengangkat plak dan kalkulus anda. Setiap tehnik ini berkaitan satu sama lain, serta memiliki indikasi yang tersendiri. Skeling/scaling adalah langkah utama dan pertama yang akan anda terima setiap anda ingin membersihkan karang gigi anda. Sedangkan root planning dan kuretase, kebanyakan bersifat terapi pengobatan dikarenakan sudah terdapat jaringan nekrotik di jaringan periodontal gigi anda. Skeling saja sebenarnya sudah cukup untuk membersihkan kalkulus dan permukaan email, tetapi apabila anda telah menderita penyakit periodontal diperlukan juga penghalusan permukaan akar.



Defenisi :
  • Skeling : Mengeluarkan deposit dari permukaan gigi, utamanya permukaan gigi yang nampak dalam rongga mulut
  • Root planning : Menghaluskan permukaan akar gigi untuk mengeluarkan bagian gigi yang nekrotik dan tidak sehat.
  • Kuretase : Mengeruk dinding gingiva dari kantung gusi untuk membuang jaringan lunak yang tidak sehat. Mengeluarkan jaringan lunak yang meradang dan merupakan dinding lateral dari poket.

Jadi perawatan apa yang akan saya terima dari dokter gigi ?
Tergantung dimana posisi plak, kalkulus, jaringan nekrotik yang anda alami. Semuanya tergantung dari dokter gigi yang memeriksa anda.

Kapan sebaiknya saya melakukan scaling ?
Idealnya enam bulan sekali.

Apa yang terjadi setelah saya di skeling?
  • Segera setelah skeling dan kuretase gusi anda bisa mengalami perdarahan dan berwarna merah terang
  • Setelah 1 minggu berkurang tingginya, lebih dari normal, selanjutnya berkurang
  • Setelah 2 minggu dengan OH yang adekuat, warna, konsentrasi, tekstur, permukaan, bentuk gingiva normal dan tepi gingiva melekat baik pada gigi.