Kamis, 18 September 2008

Konsultasi: Vitamin dan Hormon

Subject: vitamin ibu hamil
Message: selamat siang dok..

(Balasan via email gagal terkirim karena alamat email-nya membuat yahoo mail bingung...jadi dibalas lewat posting saja ....)

Alhamdulillah setelah di USG, menurut dokter usia kandungan saya 4 minggu.. yang mau saya tanyakan, saya diberi obat Preabor dan Xepavit, guna kedua obat tersebut apa ya dok? apakah ada efek semping sampingnya..? keluhan saya seblelum minum obat tersebut perut bawah saya suka sakit, tetapi setelah saya konsumsi sakitnya mulai hilang..tetapi saat ini pinggang saya juga sakit dok..mohon informasinya ya dok..

terima kasih


Kata dr Didik SpOG
Siang Juga....
Xepavit multivitamin untuk bu mil...tapi kurang komplit isinya. Kalau nggak salah aku isinya nggak mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan oleh bu mil. Preabor isinya hormon buat menenangkan rahim supaya nggak kontraksi. Bahasa awamnya obat penguat kehamilanlah...

Efek sampingnya yang serius nggak ada...konsumsi preabor dalam jangka waktu yang lama paling memberi efek progestrogenik pada bayi perempuan seperti bulu2 roma yang lebih banyak dan jelas...tapi nggak sampai jadi kumisan...

Sakit pinggang pd wanita hamil biasa kok ditemukan...kalau sakitnya kuat sekali bisa minum obat penghilang nyeri (aman...kok buat bumil) kalau bisa ditoleransi nggak perlu minum obat apa2...obat gosok yang ringan2 juga bisa membantu...

Salam
semoga cerah....