Senin, 01 September 2008

Konsultasi : Perkiraan Lahir

KONSUL
Salam, dokter.
Saya mau nanya nih.
Sbelumnya saya kontrol ke satu dokter di t4 sy kerja hingga hamil 8 bulan. Katanya pkiraan partus tgl 6 sept 2008.
Tp ketika saya cuti & pulang kampung, dokter di sini bilang pkiraannya tgl 25 agustus 2008.
Jadi sbnarnya yg mana, dok? Usia kandungan saya skarang brapa ya?
HPHT saya tgl 29 november 2007.
Terima kasih banyak atas perhatiannya, dokter.

TASI
Ukuran USG tidak dipakai jika hari pertama mens ibu pasti dan haid 3 bulan sebelumnya teratur. Rumus untuk menghitung usia kehamilan adalah: hari ditambah 7 bulan dikurangi 3 dan tahun ditambah 1 (+7 -3 +1). Kalau HPM ibu 29 Nov 2007 maka perkiraan lahir 6 Sept 2008. Coba hitung sendiri betul nggak. Catatan: lahir pas dihari perkiraan lahir hanya 5-10%. Kebanyakan 1 minggu sebelum dan sesudah perkiraan lahir. Usia hamil pada hitungan perkiraan adalah 40 minggu, Bisa dihitung sendiri berapa usia sekarang (tinggal ngurangi saja)