Jumat, 12 September 2008

Konsultasi: Hamil Kena Cacar Air


Hi Dr Didi,

Saya sedang hamil 16 mgg. Sudah 3 hari ini banyak bintik2 merah dan berair dr kepala sampe ke kaki, dan setiap hari semakin banyak saja sampe muka rasanya sudah penuh dengan bintik2 merah ini. Sekarang jg gatel sekali, rasanya ga kuat mau garuk aja.

Saya sudah test darah untuk mengetahui apakah saya kena cacar air tp blm ada hasilnya. Apakah berbahaya jika hamil 16 mgg kena cacar air? Dan gmn caranya supaya cepat sembuh/kering dr cacar air karna rasanya mengganggu sekali ?

Saya tanya teman katanya minum antibiotik supaya tidak kena ke bayi, apakah betul begitu?

Tolong masukannya ya Dok.

Thanks
------------------------------

Kata dr Didi K SpOG
Kemungkinan ibu terkena Varicella (chicken pox) yang disebabkan oleh virus. Antibiotik paling hanya berfungsi untuk mencegah (profilaksis) infeksi sekunder pada kulit, tenggorokan dan lain2.

Pengobatan untuk varicella diberikan begitu diagnosis ditegakkan, diberikan acyclovir 4 gr per-hari ( 5 x800 mg).. Dalam penelitian obat ini aman untuk kehamilan. Setelah sembuh ibu tetap harus terus memantau perkembangan janinnya, mengingat virus ini bisa menyerang bagian otak dan saraf janin.

Kalau diluar negeri ibunya diberikan: varicella zoster immune globulin (VZIG) pada hari 3-4 saat terkena infeksi...tetapi memang sulit pelaksanaannya terutama dalam menentukan hari tersebut. Kendala di Indonesia harga VZIG nya sampai $600...Kalau ada duit nggak masalah...

Semoga Cerah