Selasa, 30 September 2008

Cerita tentang teman: Nanto bin Anato

Nama lengkapnya Ananto Wiji Wicaksono atau biasa dipanggil Nanto. Nama yang indah bukan? Orangnya juga indah sampe-sampe Kak Indah juga doyan sama Nanto. Di angkatan 2006, dia absen nomor satu. Gara-gara ngikutin strategi SPMB NF yang menyarankan untuk menyingkat nama jadi A WIJI W. Alhasil, jadilah dia peserta PSAU Terbaik! (mungkin panitia pada saat itu ga sempet ngurutin nama, jadi yg diambil nama paling atas dan paling bawah, padahal tugas PSAU juga bolong-bolong).

Nanto tuh punya karakteristik yang unik banget. Dia punya style sendiri dalam berpakaian. Selain emang umurnya yang udah uzur (kita membicarakan umur biologis, bukan kronologis) selera berpakaian juga unik. Pokoknya kalo ke toko baju, liat sepotong baju yg stylenya dia banget, pasti dalem hati “anjir, bajunya Nanto banget”. Apalagi kalo jalan-jalan ke pasar hewan di Jatinegara, “Gila, mukanyanya Nanto banget!” hehe..

Ada satu cerita yang ga bakal gw lupa. Entah udah pernah gw tulis apa belom di dalam blog gw. Jadi gini, Nanto baru dikasih peralatan bedah minor dari kakaknya. Tapi alat-alat itu pernah dipake buat ngodol-odol (ini bukan kata kerja mem-pasta-gigi-pasta-gigi-kan) binatang imut, BABI! (di kartun sih imut, aslinya bisa liat sendiri lah di atas wastafel kamar mandi). Jadi dia berencana menyeterilkan di Pusat Sterilisasi Bedah di RSCM. Alatnya udah dicuci, cuma buat jaga-jaga aja dia sterilin ulang.

Nanto berencana mengikutsertakan alat-alatnya itu pas TBM lagi mau nyeterilin (susah banget sih nih kata, sampe salah ngetik mulu!) alat-alat sirkum. Berhubung dia ga tau TBM mau sterilisasi alat hari itu juga, jadi alatnya masih ada di kosan, di daerah Paseban. Hari itu panas terik banget, tapi demi sterilin nebeng TBM dia rela balik ke kosan untuk ngambil peralatan bedah minornya itu. Lumayan lama juga sampe akhirnya Nanto dengan muka yang agak kecapean, maklum jalan kaki, masuk ruang TBM. Dia duduk di ruang TBM dan mulai membuka tasnya, trus ga lama dia pegang kepalanya sendiri, dan ngomong “Anjrit! Alatnya ketinggalan di KOS!” hahaha.. ngakak abis gw, berhubung gw ngikutin dari awal sampe abis ini kejadian. Ckckck.. Sia-sia banget hari itu. Umur emang ga bisa ditutup-tutupi to.

Cerita yang mau gw angkat satu lagi di sini adalah asal-usul nama ANATO. Mungkin di dunia per-waiting list-an tempat-tempat makan di Jakarta dan khususnya karaoke INULVISTA nama ini sudah tidak asing.

Ceritanya begini, waktu itu kita mau pesen tempat di karoke Istrinya Mas Adam yang Kumisnya Seksi, duh nyebut Mbak Inul aja lama banget! INULVISTA lah pokoknya (hmm, pake Z apa pake S sih? Apapun lah itu! Tetep tau maksud gw ?). seperti biasa, muncul pertanyaan: “Atas nama siapa mas?” Terus kita jawab “Ananto”. “Oh, Baik mas”. Begitu di dalem, muncul nama ANATO. Nah, sejak saat itu mau main bowling, makan-makan, ataupun beli anak babi, kami (kebanyakan anak TBM) sering menggunakan nama “Anato”. Sampe suatu saat ada kejadian mengerikan. Hehe..