Minggu, 22 Januari 2012

Mudah Lemas setelah usia 30tahun

Ass wr wb... Bu Esti... saya semenjak umur 30an, dan baru menikah 1th ini, pisik saya menurun dratis hampir tenaga lemes dan males, persendian sakit, gampang migran, sering sariawan, tenggorokan sering sakit, mual.... ngantukan, padahal waktu usia 20an jarang sakit2an... apa saya termasuk orang yang kena "TORCH" ya dok? untuk mengatasi masalah ini giman ya...makasih atas jawabnya? Ady, 33 tahun

Jawaban :

TORCH adalah istilah yang mengacu pada sekelompok infeksi yang ditimbulkan oleh virus Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes. Biasanya TORCH dideteksi melalui pemeriksaan laboratorium, yang disebut pemeriksaan TORCH. Pemeriksaan TORCH sangat disarankan bagi ibu-ibu yang sedang hamil atau wanita yang sedang merencanakan kehamilan, karena infeksi virus-virus tersebut dapat menyebabkan keguguran, bayi lahir prematur, dan yang terparah, bisa menyebabkan kecacatan. Umumnya infeksi TORCH tidak dapat terdeteksi secara kasat mata, artinya jarang sekali ada gejala-gejala yang dirasakan.

Nah, mengenai keluhan yang Anda rasakan, kami ragu jika Anda menderita TORCH, apalagi tanpa pemeriksaan melalui laboratorium. Kondisi fisik yang menurun bisa jadi karena beban fisik dan pikiran (misalnya pekerjaan) yang meningkat akhir-akhir ini. Apalagi jika Anda tergolong orang yang jarang berolahraga, maka tubuh Anda akan mudah terasa lemas dan terserang berbagai penyakit.

Saran kami, kalau terasa sangat mengganggu, sebaiknya periksakan diri Anda langsung ke dokter untuk mendapatkan pengobatan segera, karena ada beberapa penyakit yang memiliki gejala-gejala seperti mudah lemas dan mengantuk, misalnya saja gangguan keseimbangan hormon tiroid. Tapi jika keluhan yang Anda rasakan tidak terlalu parah, cobalah untuk rutin berolahraga ringan, misalnya jalan kaki setidaknya 10 menit setiap hari secara rutin untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan asupan oksigen agar tubuh Anda tidak mudah lemas. Semakin bertambah usia, memang performa tubuh tidak sebaik saat usia kita masih muda, dan itu adalah reaksi alamiah, jadi jangan terlalu memforsir diri Anda dengan beban pekerjaan dan pikiran seperti saat Anda masih berusia 20 tahunan.