Senin, 23 Januari 2012

Berapa Peluang Sembuh Kanker yang Sudah Menyebar?

Dok, Ibu saya di vonis terkena tumor ganas di saluran luar pintu kencing. Tindakan selanjutnya untuk pengobatan adalah kemoterapi dan fisioterapi karena setelah itu Ibu juga mengalami kesulitan untuk berjalan.Dan sejak akhir bulan Juni sel kanker sudah menyebar sampai ketulang belakang sehingga untuk bangun tidak bisa. Kalau keadaannya sudah seperti itu tindakan apalagi yang harus kami lakukan selain pengobatan injeksi dan terapi? Berapa kemungkinan untuk bisa sembuh? Kira-kira Ibu saya sudah dalam stadium berapa ya Dok? Terimakasih.

Nana (Perempuan Menikah, 33 Tahun), sratnafitrias@yahoo.co.id
Tinggi Badan 158 Cm dan Berat Badan 50 Kg

Jawaban

Yth. Bu Nana, kanker yang sudah menyebar ke organ di luar asal kanker di golongkan menjadi stadium IV atau akhir. Umumnya sangat sulit untuk disembuhkan, tetapi ada program pengobatan paliatif yang bertujuan untuk mengurangi keluhan atau gejala yang timbul.

Misal dengan adanya penyebaran ke tulang biasanya akan menimbulkan nyeri, gangguan berkemih sampai gangguan berjalan. Sehingga dalam tahap ini biasanya diberikan penyinaran di tulang belakang untuk mengurangi nyeri dan diberikan suntikan atau obat penguat tulang agar tidak terjadi patah tulang.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD