Selasa, 24 Januari 2012

Hamil, Bolehkah Tetap Pelihara Hewan?

TANYA:

Dokter saya baru saja mengetahui positif hamil. Ini adalah anak pertama bagi kami. Menurut pemeriksaan USG janin saya kini berusia 8 minggu. Kami sangat berbahagia dengan kehamilan ini dan ingin menjaganya dengan sehat sampai persalinan nanti. Pertanyaan saya, bolehkah ibu hamil memelihara hewan? Saya memelihara dua ekor kucing di rumah sejak remaja dan juga ada satu burung peliharaan yang dikandang. Apa yang harus diwaspadai. Mohon penjelasan dokter. Terima kasih.

Ninta (27), Depok

JAWAB:

Selamat atas kehamilannya. Pada dasarnya kehamilan adalah proses normal. Seluruh organ akan berubah menyesuaikan keadaan sesuai dengan proses kehamilannya. Untuk itu sangat diperlukan keadaan sehat jasmani dan rohani seorang ibu hamil. Dengan demikian persiapan yang matang sangat diperlukan.

Untuk persiapan fisik, lakukan pemeriksaan USG dan laboratorium. Segala hal yang mungkin akan mempengaruhi perkembangan janin sebaiknya di hindarkan. Jadi binatang peliharaan sebaiknya juga dihindarkan. mudah-mudahan hamilnya lancar dan menyenangkan. Amin.