Jumat, 13 Januari 2012

Kenapa Perut Membesar Setelah Jatuh Terduduk?

Dok, ibu saya usia 49 tahun dengan tinngi badan 150 cm dan berat 50 kg , sekitar 1 bulan yang lalu jatuh duduk akibat terpeleset di lantai (jatuhnya lumayan parah). Tapi sampai sekarang belum sembuh-sembuh juga. Selain pinggangnya sakit, perutnya tambah membesar dan agak keras atau membuncit akibat jatuh duduk tersebut. Terus katanya nyeggeh, kalau nafas dadanya terasa sakit dok.

Ibu saya penderita diabetes mellitus. Apa yang menyebabkan perut ibu saya membuncit setelah jatuh tersebut? Terus apa sebaiknya ibu saya di rontgen? Dan bagaimana cara pengobatannya? Terimakasih.

Fitratul Kamilah (Perempuan Lajang, 19 Tahun), zzfiXXXXX@gmail.com
Tinggi Badan 154 Cm dan Berat Badan 38 Kg

Jawaban

Jatuh duduk sering menyebabkan gangguan yang bervariasi, karena tulang belakang dilewati oleh banyak sekali saraf yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda untuk organ yang berbeda-beda pula.

Untuk mengetahui fungsi saraf mana yang terganggu dapat diketahui pula dari gejala lain yang terjadi selain rasa nyari.

Perut yang membesar mungkin ada hubungannya dengan kejadian trauma jatuh duduk tersebut dan bisa juga karena faktor lain, terutama apabila ada gangguan pencernaan atau berkemih.

Pemeriksaan radiologis lebih lanjut (rontgen/ct-scan) dapat sebagai awal yang baik untuk melakukan penelusuran gangguan tubuh yang sedang terjadi saat ini.

dr. M. Helmi, Sp.An., MSc.