Rabu, 11 Januari 2012

Benjolan Pada Payudara Pria

Begini aku laki-laki mempunyai benjolan di puting payudara kalau dipegang sedikit nyeri atau ini perasaanku saja atau memang nyeri karena kekhawatiranku aja. Benjolan ini hanya sebesar 1cm atau lebih kecil. Aku sendiri punya beberapa benjolan seperti daging di leher dan dibelakang telinga yang besarnya sama dengan yang di puting payu dara, tetapi menurut orang tuaku itu tidak bermasalah dan selama ini tidak ada tanda-tanda sakit atau membesar hanya saja sering berpindah-pindah. Aku punya riwayat ibu aku pernah mengidap penyakit kanker payudara. Aku sendiri punya penyakit kulit yang susah sembuh, tiap obatnya habis akan kambuh lagi. Penyakit kulitku itu seperti ada lapisan kedua yang bening pada kulit yang luka, dan tiap digaruk akan bertambah lebar. Sampai saat ini aku masih minum obat anti alergi seperti mexon dan dextamine, obat itu aku beli sendiri diapotik dan aku meminumnya dalam waktu lebih dari 8 bulan. pertanyaan saya 1. apa benjolan di payudara saya itu termasuk kanker, jika iya bagaimana menyembuhkannya dan dokter mana yang disemarang yang bisa menanganinya ? 2. Apa ada hubungannya minumobat terus menerus dengan benjolan di payudara saya. 3. Bagaimana menyembuhkan penyakit kulit saya, saya sendiri tidak mau terus terusan minum obat agar penyakit kulit saya tidak kambuh. terimakasih atas perahatian dokter
wahyu, 23 tahun

Jawaban :
Halo Wahyu,

Mohon maaf apabila jawaban ini sangat terlambat, mudah-mudahan Wahyu saat ini sudah memeriksakan diri ke dokter. Namun begitu semoga jawaban ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang lain yang mungkin mengalami hal serupa dengan Wahyu.

Betul sekali, pria juga rentan terkena kanker payudara, seperti yang pernah dibahas di Mediasehat (http://www.mediasehat.com/utama09.php). Tanda-tandanya pun hampir sama dengan kanker payudara pada wanita, berupa benjolan pada payudara, puting yang melunak atau bahkan bernanah.

Sebetulnya, saat teraba ada benjolan, ada baiknya langsung diperiksakan ke dokter, dokter umum pun bisa, nanti dokter tersebut akan memberikan rujukan jika dicurigai benjolan tersebut adalah kanker. Apalagi Wahyu punya riwayat orang tua menderita kanker payudara. Karena pada beberapa penyakit, termasuk kanker, genetika bisa memberikan kontribusi. Semakin cepat terdeteksi, akan semakin besar kemungkinan untuk sembuh. Sedangkan benjolan di leher dan belakang telinga, biasanya adalah pembesaran kelenjar tiroid. Umumnya tidak berbahaya, hanya saja jika terlalu mengganggu, benjolan tersebut bisa dihilangkan dengan cara operasi.

Untuk masalah pada kulit, kemungkinan besar bukan alergi, karena setelah 8 bulan Wahyu minum obat alergi, toh penyakit itu tidak hilang. Alergi biasanya akan hilang begitu mengkonsumsi obat alergi. Kemungkinan besar itu adalah semacam eksim, dan eksim tidak dapat diobati dengan antialergi. Periksakan eksim Anda ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, karena obat-obatan untuk eksim biasanya golongan hormon steroid yang tidak boleh digunakan tanpa aturan pemakaian dari dokter.