Senin, 23 Januari 2012

Belum Hamil-hamil, Perlukah Tes HSG?

Dok, saya sudah menikah selama 3 tahun tapi belum memiliki anak. Saya pernah konsultasi dengan bidan dan dokter spesialis kandungan dan tindakannya hanya USG yang hasilnya kandungan saya baik-baik saja.

Kemudian saya disarankan untuk melakukan HSG (histerosalpingografi), tapi saya belum melakukan tes tersebut karena yang saya dengar itu sakit seperti kuret.

Yang ingin saya tanyakan, haruskah saya melakukan tes tersebut sebab saya belum kunjung hamil hingga sekarang? Terimakasih.

Fida (Perempuan Menikah, 24 Tahun), fiedhaharjanto@yahoo.com
Tinggi Badan 153 Cm dan Berat Badan 60 Kg


Jawaban

Kehamilan terjadi bila sel sperma yang masuk ke dalam vagina bergerak melewati saluran leher rahim, rongga rahim, dan saluran telur bisa membuahi sel telur yang berada dalam pangkal saluran telur.

Dapat disimpulkan, bahwa ada empat faktor penting yang menentukan terjadinya kehamilan, yaitu:
1. Faktor sperma: apakah jumlah dan kualitasnya baik? Dalam hal ini perlu dilakukan analisa sperma.
2. Faktor sel telur: apakah ada dihasilkan sel telur oleh indung telur? Apakah istri subur?
Dalam hal ini perlu dilakukan pemeriksaan hormon dalam darah atau pemeriksaan USG untuk menentukan apakah ada sel telur yang dihasilkan.
3. Faktor saluran telur: apakah saluran telur tidak tersumbat, misalnya akibat peradangan?
Dalam hal ini perlu dilakukan pemeriksaaan HSG (histerosalpingografi)
4. Faktor pertemuan antara sel telur dengan sel sperma: setiap bulan sel sperma hanya mempunyai waktu sekitar 24 jam untuk membuahi sel telur.
Dalam hal ini perlu ditentukan saat untuk melakukan hubungan suami istri sesuai dengan masa subur wanita.

Jadi, kalau ada kesulitan untuk menjadi hamil, harus diperiksa dulu baik istri maupun suami untuk menentukan faktor yang mengganggu terjadinya kehamilan. Penanganan yang akan dilakukan tentunya tergantung pada masalah yang ada. Harus diketahui dulu alasannya kenapa harus melakukan tes HSG.

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG