Jumat, 15 Agustus 2008

Shaken baby syndrome



Baru2 ini CNN memberitakan kembali tentang kematian seorang bayi berusia 12 minggu Camryn Jakeb Wilson, yang pada saat kelahirannya bertepatan dengan perayaan tahun baru 2008 yang mendapatkan liputan dari TV setempat. Hanya 12 minggu kemudian tepatnya 25 Maret 2008 nyawanya melayang dalam pelukan ibunya saat dirawat di RS akibat shaken baby syndrome. Camryn Jakeb jadi korban kekerasan ayahnya sendiri ketika sedang bertengkar dengan ibunya. Ayahnya sekarang sedang berurusan dengan polisi setempat dengan tuduhan pembunuhan dan sudah mengakui perbuatannya mengguncang (shaken) dan meremas (squeezing) Camryn saat bertengkar dengan isterinya.



Ini foto Camryn saat dilahirkan dan saat dirawat, Ia mengalami cedera otak, mata dan tulang iga akibat guncangan/kocokan (shake) yang dialaminya. Camryn meninggal pada tanggal 25 Maret 2008 yang lalu.

Shaken baby syndrome (SBS) merupakan suatu bentuk abuse (kekerasan) pada anak yaitu dengan mengguncang-guncangnya secara kasar (shaken violently) terutama oleh orang tua yang sedang betengkar sehingga menyebabkan cedera/kerusakan otak bayi. Juga dapat merusak mata, leher , tulang belakang dan berbagai tulang pada bagian tubuh lainnya.

Diagnosis agak sulit ditegakkan karena gejala cedera otaknya sering tidak nyata. Ada beberapa gejala yang harus dicari :
- Iritabilitas yang luar biasa mengingkat (mudah kaget)
- Bayi kelihatan lemah dan ngantuk
- Tidak mau makan
- Menurun sampai hilangnya kesadaran
- Gangguan pernafasan
- Kejang2.

Untuk mencegah hal ini supaya tidak terjadi maka pada saat sedang bertengkar bayi ditaruh jauh2 dari lokasi pertengkaran (gitu katanya...), bisa di letakkan didalam box bayi dan lain2nya. Gerakan2 seperti menggoyang2 bayi (bouncing) di panggkuan atau lutut, melempar-lemparnya keudara (tosing) dan jogging dengan bayi di punggung tidak akan menyebabkan SBS.

Untuk itu ibu/bapak harus ingat pada saat bertengkar, anak menangis, jauhkan dari anda berdua, jangan sampai perjatuhan lagi Camryn2 lainnya...

The Video was tibuted to Camryn Wilson