Jumat, 08 Agustus 2008

Bahasa Jawa untuk Anatomi

Buat yang belom tau, gw itu campuran Jawa-Madura. Jawa dari Ibu dan Madura dari bokap. Nah, karena bokap gw juga sempet lama di Malang dan dia juga lahirnya di Kediri jadilah dia bisa bahasa Jawa. Jadi dari kecil gw sering denger orang ngomong Jawa, karena pembantu gw dari jawa semua pula dan gw juga sempet punya anjing yang bisa ngomong jawa. Gw ngerti kalo orang ngomong bahasa jawa, tapi gw belepotan kalo disuruh ngomong jawa. Klo gtu namanya apa tuh? Jawa pasif bukan? hehe..


Nah, waktu praktikum anatomi modul gastrointestinal entah mengapa gw tiba-tiba pengen ngomong jawa. Mungkin gw ditemplokin setan jawa. Dari kejauhan gw liat dr. Greg lagi pada ngejelasin anak-anak. Nah, biasanya kalo ada yg lagi jelasin, tuh meja jadi rame dan bikin males malah, tapi saat itu ga terlalu rame jadi gw datengin aja. Tibalah pada saat dr. Greg ngangkat rangkaian usus besar dari perut kadaver. Terus sambil nanya ke anak-anak.

dr Greg: Sambil ngangkat usus dan nunjuk bagian kecil dari usus itu "nah, kalo yang kayak ini disebutnya apa?"

gw yang lagi ketemplokan setan jawa pasif belepotan: "wah.. opo to iku?" (apa sih itu?)

dr Greg: Sambil nunjuk gw "Ya, bener kamu!"

gw: "Hah?!"

dr Greg: "Ya, tadi bener jawabannya.. Apa tadi jawabannya?"

gw: "Hah?!" sambil pelan-pelan mundur....dan kabuuurr..