Selasa, 26 Agustus 2008

KONSULTASI : BEDA USIA HAMIL HPHT DAN USG

TANYA

Saya mau bertanya ttg usia kehamilan. Terakhir saya mens adalah tgl 28 Juni 2008 dan sampai saat ini (25 Agustus 2008) saya belum juga mendapatkan haid. Perlu dokter ketahui bahwa pertama kali saya berhubungan dengan suami adalah tgl 20 Juli 2008.Hasil tes pack saya + dan saya telah konfirmasi pula ke dokter kandungan tgl 25 Agustus 2008. Dan menurut DSOG usia kehamilan saya adalah 8 minggu (pada tgl 25 Agustus 2008) berdasarkan HPHT saya, namun berdasarkan USG saya yang dilakukan pada saat yg sama (25 Agustus 2008) usia kehamilan saya 6 minggu. Yang ingin saya tanyakan adalah mengapa usia kehamilan saya tidak cocok anatara HPHT, USG dan pertama kali saya berhubungan? karena kalau dihitung per tgl 25 agustus 2008 saya baru berhubungan 5 minggu. Sebetulnya kapan masa subur itu ya dok? bagaimana cara menghitungnya dan berapa lama? yang saya tau adalah 14 hari setelah hari pertama mens terakhir, kalau saya berhubungan pd. tgl 20 Juli, apakah pada saat itu saya masih dalam masa subur?maaf ya dok kalau saya banyak tanya. Terima kasih sebelumnya.

JAWAB:

Untuk perbedaan usia kehamilan dengan HPHT ada 2 penjelasan:

Pertama: Bisa jadi ovulasi ibu Mia tidak tepat di hari ke 14 setelah haid (siklus panjang).

Kedua: Keterbatasan USG. Untuk USG 2 D yang transabdomen biasanya sering terjadi kesalahan pada pengukuran awal kehamilan karena pengaruh ketebalan dinding berut serta posisi kantong kehamilan dalam rahim. Lebih akurat kalau dilakukan USG transvaginal.

Usaha untuk memastikan perbedaan ini adalah dengan melakukan USG serial, yaitu USG dilakukan 3 bulan berturut-turut (kalau dapat pad tanggal yg sama), nanti akan terlihat jelas, usia kehamilan yang tepat sesuai dengan HPHT atau USG yang pertama tadi. Gunanya USG serial ini untuk berjaga-jaga jika nantinya hamil mengalami lewat waktu (postterm), sehingga DSOG mempunyai patokan kapan akan melakukan pengakhiran (terminasi) kehamilan. BTW perbedaan ini tidak masalah jika kelahiran terjadi dalam usia aterm (mulai 37 minggu).