Minggu, 10 April 2011

Mengapa Koperasi?

Koperasi adalah suatu organisasi bisnis yang dibentuk dan dijalankan secara sukarela dan demokratis oleh sekelompok orang yang mempunyai kepentingan bersama dengan kesamaan pandangan ekonomi, sosial, budaya yang senasib-sepenanggungan.
Primkop-IDI sebagai contohnya, dibentuk oleh sekelompok dokter Indonesia yang prihatin terhadap layanan kesehatan bagi rakyat yang mendambakan pelayanan kesehatan yang berkualitas tinggi dan murah. Intervensi yang dituju adalah peningkatan mutu layanan kesehatan primer dengan cara meningkatkan kompetensi dokter (menyediakan modul pelatihan, buku2), menyediakan alat kesehatan yang bermutu tinggi dan murah (X-ray, EKG), alat kesehatan yang juga bagus dan murah (disposable syringe), agar terjangkau oleh dokter juga akan disediakan fasilitas cicilan/angsuran, akan disediakan obat2an, pasien pra-bayar/kapitasi, jaringan komputer sehingga akan terhubung dalam suatu jaringan layanan primer Primkop-IDI.
Nantinya, pasien pun dapat bergabung sebagai anggota koperasi yang memiliki fasilitas tersebut, sehingga tidak akan dieksploitasi sebagai mana halnya sekarang, dimana fasilitas pelayanan kesehatan dikuasai segelintir orang pemodal besar/kapitalis.
Primkop-IDI adalah salah satu alternatif membahagiakan rakyat melalui layanan kesehatan prima sebagai hak dasar rakyat yang dimiliki oleh rakyat juga, melalui usaha bersama.
Inilah kristalisasi jiwa bangsa kita yang --gotong-royong, silih asah, silih asih, silih asuh, gemah ripah, repeh, rapih, tata tentrem kerta raharja-- yang mewujud dalam alam nyatanya melalui gerakan ekonomi rakyat.