Sabtu, 20 Oktober 2012

Sudah Minum Obat Aborsi Tapi Tetap Tidak Haid

Dok, saya baru saja menikah. Sebelum menikah saya telat haid 2 minggu lalu saya berusaha minum obat untuk mengugurkan janin. Tapi setelah saya minum obat tersebut, saya tak kunjung menstruasi sampai akhirnya saya menikah.

Yang ingin saya tanyakan, apakah janin saya masih bisa selamat atau gimana dok? Saya takut ada cacat di janin saya. Terimakasih ya dok saya tunggu jawaban dari dokter.

Nindya (Perempuan Menikah, 24 Tahun)
Tinggi Badan 161 cm dan Berat Badan 51 kg


Jawaban

Mendapatkan kehamilan yang tidak terduga memang kerap menimbulkan beban mental tersendiri. Menggugurkan janin dengan obat tetap ada beberapa efek samping yang bisa terjadi.

Tapi sebaiknya dipastikan dulu apakah Ibu benar hamil atau gangguan keterlambatan haid karena faktor hormonal. Caranya bisa dengan alat tes hamil lewat urine yang dijual bebas di pasaran.

Jika sudah positif hamil, maka perkembangan janin dalam rahim bisa dideteksi dini lewat USG, terutama USG serial yang hasilnya akan makin bermakna bila kehamilan di atas usia 12 minggu. Konsultasikanlah dengan dokter kandungan terdekat.

dr.Dhely Lesthama.SpOG