Selasa, 16 Oktober 2012

Bahu Sering Nyeri dan Pegal Itu Kenapa?

Dokter sudah dua hari ini saya mengalami pegal atau nyeri pada kedua bahu (agak ke bawah sedikit) serta bagian tengkuk (kepala untuk menoleh kurang nyaman). Penyakit apakah ini Dok? Bolehkah saya mengkonsumsi obat-obat pereda sakit seperti yang saya pernah dengar iklan obat neck and shoulder.

Sebagai tambahan info hasil check-up terakhir saya adalah tekanan darah 110/80, kolesterol 205 mg/dl gula 132, asam urat 6.5. Demikian Dokter mohon sarannya. Terimakasih.

Heriyanto Sudarsono (Pria Menikah, 54 Tahun), he560251@gmail.com
Tinggi Badan 170 Cm dan Berat Badan 75 Kg

Jawaban

Nyeri pada leher dan bahu merupakan keluhan yang sering dijumpai. Kondisi ini dapat disebabkan oleh trauma, penyakit leher degeneratif, atau karena adanya saraf leher yang terjepit. Nyeri leher yang disebabkan oleh adanya saraf terjepit biasanya berupa nyeri yang menjalar ke lengan atau tangan, disertai baal, kesemutan ataupun kelemahan.

Secara umum pengobatan simtomatik berupa pengobatan dengan obat anti inflamasi non steroid (OAINS), opioid dan relaksan otot. Saya anjurkan dalam mengkonsumsi obat di bawah pengawasan dokter untuk mencegah timbulnya efek samping.

Dr. Michael Setyawan SpS