Sabtu, 13 Oktober 2012

Pertanda Apakah Haid Sebulan 2 Kali?

Dok, saya mengalami siklus haid sebulannya dua kali dengan rentang per siklusnya kadang cuma seminggu. Apakah hal ini pengaruh dari penyakit yang saya saya alami belakangan ini? Penyakit saya itu seperti gatal pada bagian alat kelamin yang kadang saya garuk.

Saya pernah konsultasikan masalah gatal-gatal ini ke dokter umum, katanya ada infeksi jamur. Apakah hal ini yang menyebabkan siklus haid saya terlalu sering? Saya kawatir dengan penyakit kelamin yang lebih parah seperti kanker serviks. Apakah gejala kanker serviks? Terimakasih dokter sebelumnya atas penjelasannya.


Lina
(Perempuan Lajang, 25 Tahun), nieke58@yahoo.com
Tinggi Badan 148 cm dan Berat Badan 62 kg


Jawaban


Tidak ada kaitan antara siklus haid saudara dengan infeksi yang dialami. Siklus haid lebih dipengaruhi oleh pengaruh hormon, aktifitas fisik atau kondisi psikis, penyakit di ovarium rahim atau kondisi tumor di hipofisis hipotalamus otak misalnya.

Pada deteksi dini dengan pap smear akan mampu mengenal gejala secara dini dan dilanjutkan dengan vaksin. Gajala kanker serviks pada stadium awal tidak memiliki gejala sama sekali dan hanya dapat terdeteksi lewat pap smear. Pastikan pap smear secara teratur agar terhindar dari kanker.

Pada tahap awal penyakit ini tidak menimbulkan keluhan atau gejala klinis. Tapi pada stadium lanjut gejalanya adalah keputihan yang berbau dan bercampur darah, pendarahan di luar haid, pendarahan setelah senggama, nyeri panggul atau tidak dapat buang air kecil.

dr.Dhely Lesthama.SpOG