Kamis, 11 Oktober 2012

Menghitung Peluang Kehamilan

Dok, usia saya 21 tahun dan sudah mempunyai anak perempuan 2,5 tahun. Saya merencanakan kehamilan kedua dan ingin anak lelaki. Tapi saya pernah pakai KB suntik selama setahun tapi sudah dilepas.

Saya dan suami rutin berhubungan dan siklus saya juga normal. Apakah dengan rutin berhubungan dan sudah lepas KB ada kemungkinan hamil? Saya sering minum soda apakah itu juga berpengaruh pada kehamilan. Terimakasih

Juliana (Perempuan Menikah, 21 Tahun), sharleenmybaby@ymail.com
Tinggi Badan 158 cm dan Berat Badan 60 kg


Jawaban

Kemungkinan hamil selama Ibu menggunakan kontrasepsi tentunya sangat kecil. Masa subur itu terjadi pada hari ke 13 atau 14 karena terjadi ovulasi dan dihitung dari hari pertama haid, pada seorang wanita subur dengan siklus haid 28 hari.

Hubungan yang dilakukan 2-3 hari sebelum atau sesudah masa ovulasi berpotensi untuk terjadi kehamilan. Konsultasikan dengan dokter kandungan untuk memastikan siklus haid Ibu teratur atau tidak. Adapun minuman soda tidak mempengaruhi kehamilan.

dr.Dhely Lesthama.SpOG