Rabu, 10 Oktober 2012

Selangkangan Penis Sering Gatal-gatal

Salam Dok, Saya seorang laki-laki 21 tahun. Saya sering mengalami gatal di daerah kemaluan saya. Hal ini mulai saya rasakan sejak saya berusia sekitar 13 tahun. Pada awalnya, bila saya merasa gatal saya selalu menggaruknya, tapi lama kelamaan hal ini seperti menjadi kebiasaan. Terutama sebelum saya mandi, pasti saya selalu menggaruk kemaluan saya.

Sejak sekitar 5 tahun yang lalu, mulai timbul semacam bintil (seperti jerawat/daging) di bagian lipatan antara batang penis dan skrotum. Bintil ini sempat menghilang, namun sekitar 3 tahun yang lalu mulai tumbuh lagi dan makin membanyak bila saya sering menggaruk. Kira-kira apakah ini suatu penyakit? Apa yang mesti saya lakukan?Terimakasih banyak sebelumnya.

Ariesta (Lelaki Lajang, 21 Tahun), ilmiki.kastrat@gmail.com


Jawaban

Salam Ariesta,
Dari kondisi yang Ariesta ceritakan saya menduga beberapa kemungkinan soal tumbuhnya bintil semacam jerawat itu. Bintil di daerah tersebut bisa saja merupakan sumbatan kelenjar minyak (sebum) seperti komedo pada jerawat. Hal ini dikarenakan daerah tersebut juga merupakan area yang banyak kelenjar sebumnya. Kelenjar ini menjadi aktif saat menginjak usia akil balik.

Hal lain bisa juga karena kista kulit akibat trauma berulang pada daerah tersebut atau dikenal dengan milia. Ada pula penyakit infeksi virus yang dikenal dengan moluskum terdapat di daerah tersebut. Agak sulit untuk mengetahui yang mana yang Anda alami karena saya tidak melihatnya. Ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter. Namun apapun itu kulit tidak seharusnya digaruk garuk, akibat garukan bisa menyebabkan sumbatan baru sehingga memperparah kondisi Anda. Dan pada kasus infeksi virus, garukan dapat membuat infeksi semakin menyebar.

dr Eddy Karta SpKK