Sabtu, 20 Oktober 2012

Nyeri di Dada Kiri Saat Tarik Napas, Ada Masalah di Jantung?

Dok saya terkadang sakit untuk menarik nafas di dada sebelah kiri, saya tidak tahu tepatnya entah itu di jantung atau bukan. Ayah saya punya riwayat sakit jantung. Dan sering telapak tangan saya juga berkeringat parah sekali. Apa saya juga terkena sakit jantung, atau apa? Terimakasih dok.

Lilis (Perempuan Lajang, 22 Tahun), halisa_XXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 158 Cm, Berat Badan 55 Kg

Jawaban:

Berdasarkan pernyataan Anda, Anda berpotensi terkena penyakit jantung. Hal ini kami sampaikan sesuai dengan gejala yang Anda rasakan seperti sulit untuk menarik napas di dada sebelah kiri, nyeri dada di sebelah kiri dan ayah Anda juga mempunyai riwayat jantung.

Penyakit jantung memang bukan penyakit keturunan, tetapi adanya riwayat keluarga yang pernah mengalami masalah yang sama bisa menjadi faktor risiko bagi seseorang. Faktor risiko itu bisa menjadi penyakit bila diabaikan, tetapi sangat mungkin juga untuk dihindari dengan selalu menjaga gaya hidup serta pola makan yang sehat.

Mengenai gejala sakit jantung, nyeri dada termasuk salah satu yang paling spesifik. Namun perlu diingat bahwa tidak semua nyeri dada adalah sakit jantung, ada juga nyeri dada karena sebab lain seperti asma atau bahkan gangguan perncernaan.

Untuk lebih memastikannya, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter khususnya dokter poliklinik jantung.

Profesor Xiao Mingdi