Selasa, 16 Oktober 2012

Jantung Bocor, Apa Pantangannya?

Dokter, saya mahasiswi semester 4 umur 20 tahun, masih terbilang muda tapi saya divonis kena penyakit jantung MVP dan TVP tingkat MILD. Yang ingin saya tanyakan, apakah penyakit klep bocor itu bisa sembuh total tanpa operasi?

Dan bagaimana untuk kehamilan jika kelak saya sudah menikah, apakah wanita berpenyakit jantung dilarang untuk hamil? Lalu apa saja pantangan-pantangan untuk saya? Mohon jawabannya dan terimakasih dok sebelumnya.

Frisca DC (Perempuan Lajang, 20 Tahun), deviXXXXX@ymail.com
Tinggi Badan 148 Cm dan Berat Badan 38 Kg

Jawaban

Mitral valve prolapse (MVP) terjadi ketika katup antara atrium kiri dan ventrikel kiri tidak menutup dengan benar.

Penyakit ini banyak dialami wanita dan terjadi pada menjelang usia dewasa. MVP ada yang bergejala dan ada yang tanpa gejala. Pengobatan yang dilakukan tergantung pada tingkat keparahan kondisi yang dialami salah satunya bisa melakukan pembedahan (operasi).

Untuk masalah kehamilan, harus diperiksa dulu bagian MVP ( mitral valve prolaps) mana yang bermasalah dari empat katup.

Pantangan yang harus diperhatikan jangan terlalu memaksakan diri untuk berolahraga keras, kurangi aktivitas yang banyak menguras energi, hindari stres dan hindari makan atau minuman yang memicu ketegangan jantung seperti kafein atau alkohol.

Profesor Xiao Mingdi