Jumat, 01 Juni 2012

Gatal-gatal di Kelamin yang Tidak Sembuh-sembuh

Dok, saya mengidap penyakit gatal sudah hampir setahun lebih dan tidak sembuh. Gatal ini awalnya di daerah pergelangan kaki dan sekarang sampai ke daerah kelamin saya. Saya sudah berobat sampai ke dokter spesialis tetapi tidak juga sembuh. Setelahnya saya tidak konsumsi obatnya lagi.

Gatal yang saya alami seperti korengan yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan tidak enak dilihat. Mohon petunjuknya dok sebaiknya saya menggunakan obat apa? Untuk makanan saya sudah tidak konsumsi telur dan makanan laut sejenis udang. Terimakasih.

M Danu (Pria Lajang, 28 Tahun), danu_3146@yahoo.co.id
Tinggi Badan 174 Cm dan Berat Badan 75 Kg

Jawaban

Berdasarkan penjelasan Anda, mungkin penyakit yang Anda derita adalah infeksi jamur. Pada infeksi jamur, biasanya penyakit secara perlahan akan bertambah luas, apabila tidak tertangani secara tepat. Sedangkan korengan yang terjadi umumnya dipicu oleh garukan akibat rasa gatal yang mengganggu. Infeksi jamur juga sangat mudah meluas bila Anda menggunakan obat oles yang mengandung kortikosteroid, walaupun mungkin pada awalnya membantu mengurangi rasa gatal.

Untuk dapat diobati secara tepat, Anda mungkin perlu mencoba untuk mendapatkan second opinion dari dokter spesialis kulit dan kelamin yang berbeda. Untuk memastikan infeksi jamur, biasanya diperlukan pemeriksaan laboratorium dari kerokan kulit yang bermasalah.

Pada keadaan infeksi jamur yang luas, biasanya diperlukan konsumsi obat antijamur yang diminum, namun untuk sementara Anda dapat mencoba obat antijamur oles yang dijual secara bebas sebagai pertolongan pertama.

dr. Susie Rendra, SpKK