Kamis, 08 Maret 2012

Mahasiswi yang Sering Sakit Pinggang Saat Kuliah

Dokter, saya masih duduk di bangku kuliah. Saya ingin menanyakan tentang sakit yang saya alami, saya orang yang cukup aktif. Saya juga salah satu anggota Badan Eksekutif Mahasiswa di kampus saya. Yang ingin saya
tanyakan adalah mengapa pada saat saya masuk kelas dan duduk terlalu lama, pinggang dan kepala saya terasa sakit? Bangku di kampus saya standar dengan kampus-kampus lain, itu masalah bangkunya atau sikap duduk saya yang tidak benar? Soalnya jadi tidak konsen pada saat dosen menjelaskan. Terimakasih

Riska (Perempuan Lajang, 22 Tahun), riskacarolina@yahoo.co.id
Tinggi Badan 165 Cm dan Berat Badan 59 Kg

Jawaban
Riska, duduk memang dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada tulang belakang sehingga dapat menyebabkan nyeri pada daerah atau bagian tulang belakang. Pola duduk yang kurang baik, seperti melengkungkan tulang belakang dan membungkukkan leher juga dapat menyebabkan nyeri tulang belakang dan leher. Selain itu pada orang dengan herniasi diskus (penonjolan bantalan tulang belakang), duduk terlalu lama juga dapat menyebabkan keluhan nyeri pinggang.

Untuk nyeri kepala, 90 persen biasanya dapat terjadi tension type headache, yaitu kepala seperti diremas-remas di kedua sisi. Penyebab tension type headache ini banyak, salah satunya berhubungan dengan keluhan Riska, yaitu nyeri kepala setelah duduk lama maka kemungkinan penyebab nyeri kepalanya adalah posisi leher yg kurang baik saat belajar di kelas.

Memang ada hubungan antara duduk lama dengan nyeri leher terutama jika leher berada dalam posisi menunduk. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan pola dan postur tubuh saat duduk di kursi. Cobalah untuk duduk dengan bagian pantat agak ke belakang, bersandar dengan nyaman di sandaran kursi, jangan melengkungkan tubuh dan sempatkan untuk berdiri di sela-sela duduk yang lama. Usahakan posisi leher tidak terlalu lama menunduk saat di kelas.

Dr. Fanny Aliwarga, SpRM