Rabu, 07 Maret 2012

Bujangan Kena Kutil Kelamin Karena Belum Sunat

Dok, saya lajang 32 tahun tapi belum disunat. Saat ini saya sedang dalam proses pengobatan herves genital. Beberapa hari yang lalu saya melihat di bagian ujung batang kemaluan saya ada tumbuh sekumpulan daging yang mirip kembang kol, dugaan saya kutil kelamin. Apakah kutil kelamin ini bisa disembuhkan dok? Lalu apabila dioperasi, apakah bisa sekalian dengan operasi sunat? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

Fery (Pria Lajang, 32 Tahun), letto.xxxxx@yahoo.com
Tinggi Badan 168 Cm dan Berat Badan 63 Kg

Jawaban

Munculnya vegetasi pada area kelamin yang menyerupai kembang kol biasanya memang penyakit kutil kelamin. Penyakit ini muncul akibat kulit terinfeksi oleh Human Papilloma virus (HPV), terutama oleh HPV tipe 6 dan 11, walaupun tetap mungkin disebabkan oleh HPV tipe lainnya.

Penyakit kutil kelamin ini sulit dihilangkan secara tuntas, mudah mengalami kekambuhan bila daya tahan tubuh menurun, kelelahan, stres dan lain-lain. Sampai saat ini tujuan dari pengobatan adalah membuang kutil yang tampak menonjol tersebut, bukan ditujukan untuk membasmi virus. Seringkali infeksi HPV ini bersifat subklinis, sehingga tak ada lesi kulit yang jelas menampakkan gejalanya.

Terapi yang tersedia untuk mengatasi kutil kelamin adalah dengan cryotherapy (bedah beku, menggunakan nitrogen cair), electrocauter (bedah listrik), menggunakan cairan kaustik misalnya podofilin, podofilox, ataupun trichloroacetic acid (TCA) ataupun dengan pembedahan biasa.

Kadang-kadang pembedahan untuk membuang kutil dapat dilakukan bersamaan dengan sirkumsisi (sunat), namun tergantung dari letak kutilnya. Untuk mengetahui hal ini lebih lanjut, sebaiknya Anda bekonsultasi terlebih dahulu dengan dokter bedah yang akan melakukan sirkumsisi (sunat) pada diri Anda.

dr. Susie Rendra, SpKK