Senin, 26 Desember 2011

Operasi Penyempitan Usus dan Dampaknya

Dokter, 4 bulan yang lalu ayah saya (umur 65 tahun) dinyatakan oleh dokter terjadi penyempitan usus karena tidak bisa buang air besar (BAB) selama 5 hari.

Setelah ada persetujuan dari keluarga maka dilakukan operasi besar (perut dibuka dari atas ke bawah sepanjang 10 cm) dan usus yang terjadi penyempitan tersebut dipotong.

Setelah beberapa hari tepatnya 3 minggu pasca operasi ayah saya mengeluh telapak kakinya terasa nyeri seperti kesemutan (bahkan seperti ditusuk-tusuk jarum) apabila menginjak tanah walaupun permukaannya rata seperti keramik dan itu berlangsung hingga sekarang. Mengapa bisa seperti itu dok? Dan pengobatan apa yang bisa dilakukan?

Nanjun (Pria Menikah, 36 Tahun), nanjun646@yahoo.co.id

Jawaban

Penyempitan usus yang dipotong tentu dikarenakan sesuatu dan hal ini harus diperiksa secara patologik (diperiksa sel-selnya nya di bawah mikroskop) untuk ditetapkan dasar penyakit tersebut. Apakah keluhan yang ada berhubungan dengan operasi harus diperiksa lebih lanjut. Sebaiknya Bapak dapat berkonsultasi kembali ke dokter yang melakukan operasi tersebut.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD