Jumat, 09 Desember 2011

Ngebet Ingin Punya Anak Lagi

Dokter, saya nikah awal tahun 2001. Baru tahun 2005 anak pertama lahir jadi 3 tahun kosong. Saya ingin sekali mendapatkan seorang anak lagi, tapi sampai sekarang belum juga di karunia rezeki. Saya normal setiap berhubungan dengan istri, saya juga sering olahraga 2 kali seminggu main badminton.

Pertanyaan saya adalah obat apa yang harus saya konsumsi untuk mempercepat punya anak itu? Mohon jawaban dokter. Terimakasih sebelumnya.

Syam Chue Moek (Pria Menikah, 42 Tahun), syamsubali@gmail.com
Tinggi Badan 165 Cm dan Berat Badan 54 Kg


Jawaban

Kehamilan terjadi bila sel sperma yang masuk ke dalam vagina bergerak melewati saluran leher rahim, rongga rahim, dan saluran telur bisa membuahi sel telur yang berada dalam pangkal saluran telur.

Dapat disimpulkan, bahwa ada empat faktor penting yang menentukan terjadinya kehamilan, yaitu:
1. Faktor sperma: apakah jumlah dan kualitasnya baik?
2. Faktor sel telur: apakah ada dihasilkan sel telur oleh indung telur? Apakah istri subur?
3. Faktor saluran telur: apakah saluran telur tidak tersumbat, misalnya akibat peradangan?
4. Faktor pertemuan antara sel telur dengan sel sperma: setiap bulan sel sperma hanya mempunyai waktu sekitar 24 jam untuk membuahi sel telur.

Jadi, kalau istri ada kesulitan untuk hamil, harus diperiksa dulu baik istri maupun suami untuk menentukan faktor yang mengganggu terjadinya kehamilan. Penanganan yang akan dilakukan tentunya tergantung pada masalah yang ditemukan.

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG