Sabtu, 24 Desember 2011

Nyeri Rahim dan Keputihan Usai Dikuret

Dokter pada tahun 2007 saya melakukan kuret dan sampai 2 kali dilakukan karena darah tidak keluar pasca kuret/vakum. Selang 2 bulan kemudian rahim saya sakit sekali disertai keputihan, kata dokter rahim saya ada sariawan yang sudah menjalar ke atas. Saya sudah berkali-kali ke spesialis ginekolog tapi katanya tidak ada yang salah dengan rahim saya.

Pada April 2008 saya pasang spiral dan masih suka nyeri di rahim saya, haid tidak teratur dan kadang 1 bulan nggak dapat dan tanggalnya juga mundur-mundur.

Yang ingin saya tanyakan apa itu ada kaitannya dengan kuret yang saya lakukan dan apa ada masalah dengan rahim saya? Terimakasih sebelumnya ya dok.

Ade Munthing (28 tahun-menikah), nu_cherrie@yahoo.com
Tinggi Badan 158 cm dan Berat Badan 80 Kg


Jawaban

Keputihan disertai nyeri pada rahim menunjukkan indikasi infeksi yang perlu diketahui penyebabnya. Hal ini tidak berkaitan dengan dilakukannya kuret karena gejala baru timbul setelah 2 bulan berselang.

Letak spiral dalam rahim juga perlu dicek dengan pemeriksaan USG. Hal ini dikarenakan posisi spiral yang tidak tepat dalam rongga rahim bisa menimbulkan rasa nyeri.

Haid yang tidak teratur merupakan indikasi tidak teraturnya siklus menstruasi. Kasus seperti ini seringkali dijumpai wanita yang mengalami obesitas. Oleh karena itu, upaya penurunan berat badan dengan bantuan dokter spesialis gizi klinik perlu dilakukan.

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG